Senin, 09 November 2009

Komponen - Komponen Java Swing

SWING

Swing merupakan koleksi komponen GUI yang berjalan secara seragam di setiap plattform murni yang mendukung JVM (Java Virtual Machine). Keseluruhankomponen Swing ditulis menggunakan java sehingga mampu menyediakan fungsionalitas maksimal di platform yang ekuivalen. Hal ini juga membuktikan bahwa portabilitas aplikasi swing sangat tinggi.

Swing toolkit menyediakan banyak sekali komponen untuk membangun aplikasi GUI desktop. Swing toolkit juga menyediakan class-class untuk menangani interaksi antara aplikasi dan user menggunakan standard input seperti keyboard dan mouse. Komponen-komponen yang disediakan swing mencakup semua GUI toolkit yang lazim digunakan dalam apilasi desktop, seperti : JTabel, JList, JTree, JButton, JLabel dan masih banyak komponen-komponen lainnya yang sudah teruji dan siap pakai.

Komponen-komponen Swing dapat di klasifikasikan dalam tiga bagian, yaitu top level container, intermediate container dan komponen atomic (tunggal)

  1. Container tingkat atas (top level) berfungsi untuk menyediakan ruang bagi komponen-komponen lainya। Container jenis ini terdiri daro JFrame, JWindow, JDialog, dan JApplet.
  2. Container menengah adalah komponen (non top level) yang keberadaannya untuk menampung komponen lainnya, misal panel, tabbed dan tool bar
  3. Komponen atomic berfungsi untuk menampilkan dan/atau menerima informasi. Komponen tunggal memiliki peran penting dalam menghasilkan antarmuka user. Contoh komponen atomic adalah text field, button dan label

Contoh Program :



Kode Program 1:



Tampilan Program 1:



Kode Program 2 :



Tampilan Program 2 :




Demikian Sedikt Informasi tentang Komponen - komponen Java Swing.
Semoga Bermanfaat
******(^_^)*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar